Rabu, 29 Oktober 2008

Saling Klaim Kemenangan di Pilkada Luwu

Jika hasil pilkada di Makassar sudah dipastikan besarnya raihan suara yang diperoleh berbeda halnya dengan yang terjadi di Luwu. Di kabupaten yang terletak sekitar 300 kilometer dari Makassar ini, dua kandidat saling klaim kemenangan. Bagaimana bisa terjadi?
Karena sama-sama merasa jagoannya sebagai pemenang, pendukung pasangan Andi Mudzakkar-Syukur Bijang (CS) dan pasangan Basmin Mattayang-Buhari Kahar Muzakkar (Matahari) merayakan kemenangan meski keputusan resmi tentang pemenang pilbup belum dilansir KPU setempat.
Hasil penghitungan cepat yang dilakukan tim pemenangan pasangan Basmin Mattayangan dan Buhari Qahhar Mudzakkar menyebut pasangan ini memperoleh 52.390 suara sedangkan pasangan saingan terdekatnya (CS) hanya merebut 51.296 suara.
Data ini berbeda dengan hasil penghitungan cepat yang dilakukan tim pemenangan pasangan A Mudzakkar dan Syukur Bija’ (CS). Tim menyebut jagoannya memperoleh dukungan 74.056 atau 46,53 persen). Unggul dibandingkan saingan terdekatnya (Matahari) yang hanya mendapat dukungan 55.652 suara (34,96 persen).
Saling klaim ini sangat wajar terjadi karena masing-masing pihak melakukan penghitungan sendiri-sendiri. Pada akhirnya semua pihak masih harus menunggu keputusan yang akan dikeluarkan KPU setempat sebagai institusi penyelenggara pilbup.(Rusdy Embas)

Tidak ada komentar: