Minggu, 05 Oktober 2008

Ribuan Perantau Sulsel Ngumpul di Makassar




Sekitar seribuan warga Sulsel yang dikenal sebagai saudagar Bugis-Makassar yang tersebar di Nusantara ini berkumpul di Makassar. Kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilakukan setiap selesai Lebaran Idul Fitri.
Menurut data ada sekitar 12 juta perantau Sulsel yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan ada yang berada di luar negeri. Mereka tidak saja sukses sebagai pengusaha tetapi ada juga yang menduduki jabatan di birokrasi.
Pertemuan yang digelar di Celebes Convention Center Jl Metro Tanjung Bunga Makassar tahun ini merupakan kegiatan yang kesepuluh. Sekitar seribuan peserta mengikuti welcome dinner yang digelar di Gubernuran Makassar, Sabtu (4/10) malam.
Sejumlah tokoh asal Sulsel hadir dalam acara tersebut seperti Wakil Ketua MPR RI Aksan Mahmud dan AM Fatwa, serta mantan Kepala Bulog Beddu Amang.
Ketua Panitia PSBM X, Erwin Aksa, dan Gubernur Syahrul Yasin Limpo tampil memberi sambutan dalam acara tersebut.
Keberadaan saudagar Bugis Makassar ini memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Tidaklah mengherankan jika BRI berniat menerbitkan kartu ATM khusus yang sekaligus berfungsi sebagai kartu anggota KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan).
Rencana itu dituangkan dalam bentuk kesepakatan kerja sama yang penandatanganannya dilakukan Managing Director BRI Asmawi Syam dan Ketua Umum KKSS Hasanuddin Massaile di Makassar.(Rusdy Embas)

Tidak ada komentar: