Kamis, 02 Oktober 2008

Indahnya Kebersamaan




Musibah kebakaran yang menghanguskan empat petak rumah di Jl Dg Ngeppe Makassar memang menyesakkan dada penghuninya yang sehari sebelumnya merayakan Hari Raya Idul Fitri. Salah satu rumah yang dilalap api itu ternyata penjual nasi padang.
Beberapa saat setelah peristiwa kebakaran sejumlah orang Padang di Makassar terlihat berkumpul di lokasi kebakaran. Mereka datang bukan untuk menonton, tetapi menyatakan solidaritas dan aksi mereka.
Entah karena masih melekat suasana Ramadan yang mengedepankan betapa pentingnya berbagi antarsesama atau memang karena karakter khas salah satu suku bangsa ini yang masih menganut kegotongroyongan mereka berkomitmen membantu koleganya agar bisa segara berusaha kembali.
Pemilik Warung Padang di sebelah bangunan Rumah Sakit Haji Makassar itu tidak akan lama menganggur karena kerabatnya sepakat untuk saling membantu agar pria itu bisa membuka kembali usahanya berjualan nasi Padang. Tentu saja dengan memberi bantuan permodalan secara gotongroyong.
Solidaritas spontan tersebut ternyata masih ada di Republik ini. Kebersamaan memang kadang baru terasa indah saat cobaan datang. Maha Suci Engkau Ya Allah dengan segala KeagunganMU.(Rusdy Embas)

Tidak ada komentar: