Rabu, 29 Oktober 2008

Golkar Menang di Pilkada Makassar




Hasil penghitungan cepat (quick count) Lembaga Survei Indonesia (LSI) memastikan Ilham Arief Sirajuddin akan menjabat kembali sebagai Wali Kota Makassar periode 2009-2014 mendatang. Ini merupakan sukses Golkar menggolkan kandidat usungannya setelah Ketua Partai Golkar Jeneponto, Rajamilo, juga memenangkan pertarungan di Jeneponto sehari sebelumnya. Mau tahu raihan suaranya?
Hasil penghitungan cepat yang dilakukan LSI menempatkan pasangan Ilham Arief Sirajuddin sebagai peraih suara terbanyak dengan jumlah dukungan 65,49 persen. Perolehan suara ini jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya.
Idris Manggabarani-Adil Patu (idial), yang berada di posisi kedua hanya memperoleh 19,49 persen, disusul Halim Razak-Jafar Sodding (6,80 persen), Firmansyah Mappasawang-Kasma F Amin (Pasmi) dengan 2,93 persen, Iriantosyah Kasim DM- Razak Djalle (berIKRAR) 2,40 persen, Ridwan Syahputra Musagani-Irwan Paturusi (RI) dengan 2,10 persen suara, dan pasangan Ilham Alim Bachrie-Herman Handoko (Idola) hanya mendapat 0,79 persen suara.
LSI menggunakan 200 TPS dari total 1.792 TPS yang ada sebagai sampel dengan tingkat kesalahan (margin error) quick count berkisar satu hingga dua persen.
Kendati data sementara menujukkan kemenangan mutlak diraih Ilham, namun pria yang akrab disapa Aco ini mengimbau seluruh relawannya tidak melakukan konvoi dan arak-arakan di jalan.
Atas kemenangan tersebut, Ilham yang juga Ktua Golkar Makassar itu melapor kepada Wapres Jusuf Kalla yang juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar.
Sayangnya, kemenangan Ilham ini kurang sempurna karena tingkat partisipasi masyarakat sangat minim, hanya sekitar 60,63 persen atau 581.935 dari total wajib pilih 959.814 jiwa. Tetapi tingkat partisipasi ini masih lebih tinggi dibandingkan pemilihan gubernur yang hanya mencapai 54 persen.(Rusdy Embas)

Tidak ada komentar: