Rabu, 15 April 2009

Caleg PDK Nyaris Adu Jotos

Pemilu 2009 ini membuat banyak orang kehilangan hati nurani. Saling sikut sudah menjadi pemandangan rutin. Itu terjadi menjelang hari pencontrengan dan masa penghitungan suara hasil pemilu. Saling lapor pun di antara sesama kader bukan lagi menjadi masalah tabu.
Tribun Timur, Rabu (15/4) memberitakan adu jotos sesama kader partai yang sama nyaris saja terjadi di Luwu Timur, saat peroses rekapitulasi perolehan suara caleg sementara berlangsung di Kantor Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Selasa (14/4). Dua caleg Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Suparjo dan Juber Sangga, nyaris adu jotos.
Suparjo dan Suber adalah caleg PDK untuk daerah pemilihan (dapil) tiga yang meliputi Kecamatan Mangkutan, Tomoni, Tomoni Timur, dan Kecamatan Kalaena. Suber adalah caleg nomor satu dan Suparjo nomor empat.
Kejadian ini berawal saat Suber yang memperoleh sekitar 600-an suara hendak mengganti saksi dari PDK yang ditugaskan mengikuti proses rekapitulasi perolehan suara di tingkat PKK.
Suparjo yang perolehan suaranya diperkirakan di atas 1.000 menolak rencana Suber tersebut dengan alasan penunjukan saksi mulai dari tingkat TPS, PPK, hingga tingkat KPU, telah disepakati bersama oleh pengurus partai.
Karena keduanya ngotot dengan pendirian masing-masing, adu mulut pun tak terhindarkan. Suasana memanas saat Suparjo melontarkan kata-kata yang tidak dapat diterima oleh Suber.
Beruntung beberapa petugas pengamanan dari kepolisian merelai keduanya sehingga tidak terjadi adu jotos. Hingga kemarin, proses rekapitulasi perolehan suara masih berlangsung di sejumah kecamatan di Lutim. Berdasarkan data sementraa yang dihimpun Tribun, Partai Golkar masih mendominasi perolehan suara.
Partai pemenang pemilu tahun 2004 ini juga dipastikan akan meraih kursi di setiap daerah pemilihan. Dari data sementara, Golkar kemungkinan besar mendapat dua kursi di tiga daerah pemilihan, yaitu dapil 2, 3, dan dapil 4. Sementara untuk dapil 1, Golkar diperkirakan hanya meraih satu kursi.(Rusdy Embas)

Tidak ada komentar: