Senin, 21 Desember 2009

Mahasiswa-Kapolsek Rebutan Foto SBY

Gara-gara rebutan foto Presiden SBY dengan mahasiswa yang sedang unjuk rasa, Kapolsek Panakukang AKP Daryanto terjatuh dan berguling di jalan di depan Kampus Universitas 45 Makassar. Gambar SBY yang diperebutkan adalah foto resmi kenegaraan yang biasa dipajang di kantor pemerintahan dan instansi swasta.
Kapolsek tak luka. Namun beberapa bagian pakaian dinasnya kotor dan lecet. Mahasiswa, lawan rebutan kapolsek juga merasa tak bersalah, dan melanjutkan demonstrasi. Laiknya isu satu bulan terakhir, aksi jalanan mahasiswa perguruan tingi swasta ini menuntut presiden dan aparat hukum segera bersikap dan menuntaskan skandal Bank Century yang diduga melibatkan Wakil Presiden Boediono dan Menkeu Sri Mulyani ini.
Aksi unjuk rasa tersebut awalnya berawal damai, namun tiba-tiba menjadi ricuh saat demonstran yang mengatasnamakan dirinya Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (Germak) akan membakar sejumlah foto.
Sejumlah polisi yang mengawal aksi ini, langsung bertindak saat demonstran mencoba membakar foto SBY dan Budiono. Kedua foto berhasil diselamatkan meski keduanya robek.
Dalam orasinya, para demonstran mengaku menyesalkan tindakan SBY yang tidak menon aktifkan Budiono dan Sri Mulyani. yang diduga dapat menghambat peroses pemeriksaan.
Selain berorasi, para demonstran juga menarik perhatian sejumlah pengguna jalan tersebut, dengan membakar sebuah ban bekas. Dan membakar bendeta Partai Demokrat.
Para demonstran akhirnya membubarkan aksinya setelah berorasi sekitar satu jam lamanya.(rusdy embas)

Tidak ada komentar: