Selasa, 27 April 2010

Situs Dijadikan Hotel, Ide Brilian Ato Sebaliknya Ya?



Saya kaget membaca berita yang diturunkan Tribun hari ini mengenai rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengubah Fort Rotterdam (Benteng Panynyua) menjadi hotel. Ini ide brilian atau gila ya?
Rencana yang diungkapkan Pemprov Sulsel melalui Kepala Bidang Bangunan dan Lingkungan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Sulsel Danial Daraba usai rapat panitia khusus (pansus) penghapusan aset di DPRD Sulsel, Makassar, Selasa (27/4), itu sungguh memiriskan.

Saya tidak tahu logika apa yang digunakan Pemerintah Provinsi Sulsel sehingga memunculkan ide ini. Saya masih segar dalam ingatan, pemprov menentang keras pendirian Kampoeng Popsa karena dianggap akan mengganggu pandangan orang yang ingin menikmati keindahan Fort Rotterdam dari laut. Kini, ide pemprov justru ingin mengubah fungsi benteng yang sarat makna sejarah tersebut.

Saya hanya berharap, ide ini tidak terwujud karena jika alih fungsi itu benar-benar terjadi maka secara perlahan situs itu akan mengalami perubahan dengan alasan untuk memberi fasilitas yang sesuai standar pelayanan hotel.

Ataukah ini cara terbaik yang pemerintah lakukan untuk menghancurkan bangunan bernilai sejarah tinggi dan menggantinya dengan bangunan yang akan mencatatkan nama mereka sebagai pelaku sejarah juga?(rusdy embas)

Tidak ada komentar: