Selasa, 27 April 2010

Aduh… Makassar Memanas Lagi



Perselihan dua kelompok mahasiswa salah satu kampus perguruan tinggi swasta di Makassar berbuntut panjang. Sejumlah kawasan kos-kosan menjadi sasaran penyerangan yang menyebabkan sejumlah mahasiswa terluka akibat tusukan benda tajam.
Apapun pemicu dan motifnya, aksi ini sangat disayangkan. Sejumlah mahasiswa yang tidak tahu duduk perkara justru menjadi korban. Mereka terpaksa mengungsi karena takut diserang. Mereka menjadi sasaran balas dendam.

Insiden ini menunjukkan ada masalah mendasar yang mesti dibenahi. Identitas daerah memang kadang menjadi bagian terpenting bagi pengembangan diri dan kelompok jika dilakukan untuk tujuan positif dan memacu prestasi.

Tetapi identitas daerah ini kadang menjadi bumerang dan entry point bagi kelompok tertentu untuk menciptakan malapetaka.

Betapa mengerikannya, jika merupakan bagian dari kelompok yang dikejar-kejar. Padahal kita sendiri tidak tahu duduk perkara yang dipersengketakan.

Kesepakatan dua kelompok untuk mengakhiri perselihan tersebut dan menyerahkan kepada aparat keamanan untuk menyelesaikannya perlu diapresiasi agar Makassar tetap kondusip untuk semua kelompok.(rusdy embas)

Tidak ada komentar: