Jumat, 07 Mei 2010

Petani Bulukumba Terancam Gagal Panen

Gara-gara guyuran hujan yang cukup deras beberapa hari terakhir, sejumlah areal persawahan di Kabupaten Bulukumba dikhawatirkan gagal panen. Siapa yang bisa menolong para petani kita itu?
Petani di lima kecamatan kecamatan penghasil padi (Gantarang, Kindang, Rilau Ale, Ujung Loe, dan Bulukumpa) dikhawatirkan tidak bisa panen karena padi mereka terendam banjir akibat tingginya curah hujan.

Miris juga mendengar ancaman kegagalan panen petani itu. Betapa tidak, padi yang sudah susah payah mereka pelihara tidak bisa dinikmati hasilnya. Padahal, masa panen sudah tidak lama lagi.

Tidak ada cari lain, pemerintah daerah harus segera bertindak membantu petani agar mereka tidak menderita kerugian yang terlalu besar.

Langkah terpenting dilakukan pemerintah sejatinya adalah melakukan pencegahan banjir akibat hujan. Karena banjir yang merendam areal persawahan itu juga akibat luapan air sungai.

Tak ada salahnya pemerintah mengalokasikan dana untuk membenahi sungai yang berpotensi mendatangkan banjir saat musim hujan tiba.(rusdy embas)

Tidak ada komentar: